Senin, 09 April 2012

biji nangka bisa jadi susu

Siapa sangka biji nangka bisa dijadikan susu? Sebab, selama ini umumnya orang hanya memakan buah nangka dan membuang bijinya. Namun, di tangan dua warga Solo, yakni Agatha Retno Palupi dan Siti Rusminah, biji nangka ternyata bisa diolah menjadi minuman bergizi.
Minuman yang dibuat Agatha dan Siti adalah susu dari biji nangka. Itu mereka ketahui setelah melakukan sejumlah riset. Cara membuatnya juga sederhana. Pertama biji nangka direndam selama 12 jam hingga kulitnya terkelupas.
Lalu biji nangka direbus hingga empuk, diblender, dan disaring. Air sarinya ditambah gula atau penambah rasa lain sesuai selera. Setelah matang baru susu biji nangka siap disajikan, baik hangat maupun dingin.
Harga biji nangka relatif murah, yakni sekitar Rp 2.000 setiap kilogram. Berdasarkan uji laboratorium, kandungan kalsium susu biji nangka lebih tinggi daripada susu kedelai. Sementara kadar lemaknya justru lebih rendah. Selain itu, ampas saringan biji nangka juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kue. Tertarik mencoba di rumah?
lisa sudah mencobanya 1bulan lalu. ,bikinnya mudahya luarbiasa, ampasnya lisa buat selai.. selamat mencoba kawan..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews