Senin, 28 Mei 2012

yamaha v-ixion vs yamaha byson

Untuk kedua kalinya saya membandingkan yamaha vixion dengan tipe motor lain, sebelum ini saya membandingkan yamaha vixion VS Suzuki Satria FU (lihat disini). Berhubung saat ini yang sedang hot adalah yamaha byson, so saya akan membandingkan kedua varian adik kakak yang masih dalam satu produk yamaha ini.
yah, komparasi antara yamaha vixion dengan yamaha byson memang sangat tepat. mengingat keduanya sama sama memiliki ukuran 150cc. terlebih kedua motor ini adalah sama sama varian sport. harga keduanya pun tidak terpaut jauh. atas dasar ini lah beberapa konsumen bingung hendak memilih mana.
Perbandingan Yamaha Vixion Vs Yamaha Byson
Saya disini mencoba membantu anda agar nantinya mantep dan tidak bingung lagi dalam membeli Yamaha Vixion atau Yamaha Byson.
Sebelumnya saya sudah pernah membahas kedua spesifikasi dari motor tersebut. bagi yang belum tahu atau pengen lihat lagi spesifikasi dari yamaha byson dan yamaha vixion bisa dilihat disini (spek vixion | spek byson).
Oke langsung saja, akan saya berikan point point untuk setiap komparasi nya.

1. Peforma Mesin
Tentu yang menjadi perhatian utama adalah peforma. berdasar pembulatan membuat kedua motor ini memiliki cc yang sama 150, padahal sebenarnya ada perbedaan. yah memang sih tidak terlalu besar selisihnya, untuk vixion 149,8 cc dan untuk byson 153 cc.
Vixion : 4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan.
Byson : 4 langkah, 2 valve SOHC tanpa Injeksi, berpendingin udara.
tentu point pertama dimenangkan oleh yamaha vixion. 1 point untuk vixion

2. Body/ Penampilan
Terang saja tampilan kedua motor ini jauh berbeda, yamaha byson memiliki ukuran body yang besar dan terkesan gagah. kalau saya bilang sih tampilan yamaha byson seperti orang yang hoby ke GYM, fitnes, etc !! Ukuran ban standart yang besar dari pabrik berupa ban tubeless pun semakin menambah kesan gagahnya. Namun ada sedikit yang membuat saya kurang cocok, bagian samping dari yamaha byson terlihat seperti plastik yang membuat tampilan kokohnya berkurang.
Berbeda dengan Yamaha vixion yang lebih terlihat kalem dan memiliki body yang cukup ramping untuk sebuah motor sport. dari samping pun tampilannya masih oke terlebih dengan adanya sasis delta box yang terlihat mantep.
saya beri masing-masing 1 point untuk yamaha byson dan yamaha vixion. karena selera setiap orang berbeda-beda.

3. Brand
Brand Yamaha yang melekat pada kedua motor vixion dan byson membuat daya tarik tersendiri dikalangan masyarakat. Nama besar yamaha pun ikut andil dalam laris manisnya motor ini. tentu point ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh yamaha byson dan yamaha vixion.
sekali lagi masing masing 1 point untuk yamaha byson vs yamaha vixion.

4. Harga Jual kembali / Bekas
Tentu orang akan memikirkan masa depan motor pada saat melakukan pembelian. Orang cenderung memilih produk yang ketika suatu saat menjual kembali selisih sedikit dengan harga beli barunya. sehingga mengurangi kerugian tak kentara (lupa deh apa namanya dalam ekonomi :D )
Yang memiliki selisih sedikit akan mendapat 1 point dalam segmen ini.
Harga Baru  – Harga Bekas  = Selisih
Harga Baru Vixion 21.300.000 -  Harga Bekas Vixion 16.500.000 = 4.800.000
Harga Baru Byson 19.900.000 – Harga Bekas Byson (berhubung masih baru, belum ada data) = tunggu update
siapa yang dapet point ? tunggu updatenya ya :)

5. Fitur
Yamaha Vixion.
Seabreknya teknologi baru yang disandang oleh yamaha vixion menjadi bomerang tersendiri. Dengan hadirnya beragam teknologi baru tersebut malah membuat mesin vixion sulit di tune up. Tidak bisa oversize dan harus membeli satu paket blok mesin jika ingin memperbesar kubikasi. ditambah setelan sistim injeksi yang terkenal sulit. terutama melihat bengkel di indonesia yang cenderung sederhana.
Yamaha Byson
Berbeda dengan yamaha Byson yang bisa dipastikan dengan sedikit setingan akan mampu menaikkan peforma dari yamaha byson. dengan mengganti ke velg jari jari serta ban lebih kecil, CDI dan knalpot racing, yamaha byson bisa melesat lebih dahsyat. terlebih jika berani oprek sektor karbu dan blok silinder, wow !
1 point untuk yamaha byson

6. Top Speed
Top speed yamaha vixion : 125 km/jam
Top speed yamaha Byson : 110 km/jam
beda tipis, 1 point untuk yamaha vixion

7. Konsumsi BBM
Teknologi yang disandang yamaha vixion mampu membuat konsumsi BBM yamaha vixion IRIT ! terutama sistim pengapian injeksi yang mampu menyesuaikan kebutuhan mesin dengan suplay BBM yang masuk.
konsumsi BBM untuk yamaha vixion 1 : 48
Meskipun teknologi yang disandang yamaha byson tidak terlalu “wah”. namun untuk konsumsi BBM yamaha byson masih tergolong irit.
konsumsi BBM yamaha byson 1 : 45
lagi lagi dan lagi lagi bedaaa tipiss, 1 point untuk yamaha vixion !

# Kelebihan dan Kekurangan #
Semua produk pasti mempunyai sisi kekurangan dan kelebihan masing masing. tak lain juga yamaha vixion dan yamaha byson ini.
saya coba membantu dengan posting saya sebelum ini.
untuk kelebihan dan kekurangan yamaha vixion klik disini
untuk kelebihan dan kekurangan yamaha byson klik disini

HASIL AKHIR
Inilah segmen yang paling dinanti nanti, hasil akhir dari Yamaha Vixion VS Yamaha Byson.
dari ulasan diatas yamaha vixion mengumpulkan 5 point dari 7 point yang ada.
sementara yamaha byson mengumpulkan 3 point dari 7 point yang ada.
nb : dari 7 point, 1 point menunggu update pada nomer ke-4.
kesimpulannya ? yah, tidak ada kesimpulan dari perbandingan antara yamaha vixion vs yamaha byson diatas. karena semua kembali pada selera dan kebutuhan konsumen.  Terlebih lagi kedua motor tersebut memang hanya memiliki sedikiiiiiiitt sekali perbedaan, memang sulit dalam menentukan kedua option diatas. Dan saya disini hanya memberi sedikit gambaran saja. syukur syukur kalau dapat membantu anda yang memang sedang bingung dalam memilih yamaha vixion atau yamaha byson :)
Selanjutnya akan saya bahas postingan postingan panas lainnya.
makanya, stay tunned terus ya di masdoe.com
Yamaha Vixion Vs Yamaha Byson

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews