Kamis, 05 Juli 2012

Bayi Panda Raksasa Lahir di Kebun Binatang Tokyo

Tokyo (AFP/ANTARA) - Seekor bayi panda raksasa lahir di kebun binatang Tokyo, Kamis, dalam keberhasilan langka program penangkaran di Jepang, kata seorang pejabat kebun binatang.

Bayi yang belum disebutkan namanya adalah bayi pertama Ueno Zoo selama 24 tahun, dan untuk pertama kalinya lahir dari proses seksual alami, ujarnya kepada AFP.

"Bayi itu lahir sekitar siang hari ini, tapi kami tidak memiliki rincian lebih lanjut karena penjaga kami yang mengurus panda tersebut," katanya.

Kebun binatang itu telah melarang masyarakat untuk melihat panda raksasa yang "sedang hamil" Shin Shin pada Sabtu setelah penjaga melihat ia menjadi gugup karena suara bising dan cahaya.

Shin Shin dan Ri Ri telah dikawinkan dua kali pada akhir Maret, dan kondisi panda betina, termasuk tingkat hormon dan hilangnya nafsu makan selama dua pekan, mengindikasikan ia sedang hamil.

Pasangan itu disewa dari China tahun lalu untuk kebun binatang yang dioperasikan oleh pemerintah Metropolitan Tokyo dengan biaya tahunan sekitar satu juta dolar Amerika (sekitar Rp9,42 miliar).

Di Jepang, total 16 panda raksasa telah lahir, Yomiuri Shimbun melaporkan. (ia/ml)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews